Seminar Nasional "Kreatif Teknologi untuk Lingkungan" merupakan salah satu rangkaian acara Inovasi Teknologi 2014 (ITEK 2014).

Pembicara:

  1. Dr. Eng. Bayu Indrawan, SE, ST, MT (Direktur Indonesia Center for Waste Management)
  2. Dr. Ir. Harie Herlambang (Kepala Balai Teknologi Lingkungan)
  • Hari & Tanggal : Minggu, 23 Maret 2014
  • Waktu : 09.00 WIB s.d. selesai
  • Tempat : Auditorium FTSP UII

Jika kita membicarakan sampah pasti tidak akan ada habisnya. Semakin hari volume sampah di dunia semakin bertambah banyak. Pada tahun 2012, Kementerian Lingkungan hidup mencatat rata-rata penduduk Indonesia menghasilkan sekitar 2,5 liter sampah per hari atau 625 juta liter dari jumlah total penduduk. Sampah tersebut termasuk dari sampah organik dan anorganik. Hal tersebut sungguh memprihatinkan jika mengingat untuk mendaur ulang sampah anorganik membutuhkan waktu yang cukup lama.

Liburan akan segera tiba, masyarakat Indonesia pasti telah merencanakan liburan di suatu tempat rekreasi bersama keluarga. Tempat pariwisata yang biasa dikunjungi yaitu pantai, pegunungan dan obyek wisata budaya atau alam, apakah tempat wisata tersebut telah siap untuk menerima pertambahan volume sampah?. Sampah yang dihasilkan bertambah sesuai dengan banyaknya pelancong di tempat wisata tersebut.

Apa kita pernah membayangkan bahwa daging sapi yang kita konsumsi ternyata penyantap setia sampah di TPA?

Ketika saya kuliah lapangan saya melihat banyak sekali sapi yang mencari makan bukan pada padang rumput namun pada tumpukan sampah di di TPA Benowo.